Sejarah Desa

Pada zaman dahulu sebelum wilayah desa Bancer ini terkenal daerah tepi hutan yang lebat yang di dalamnya merupakan tempat hidup (komoditas) beraneka flora dan fauna. Salah satu orang yang bernama Ki Taruno anak Demang Tawung Lari dari Kademangan karena perang dengan Kompeni Belanda. Pada tahun 1912 bersama itu Ki Taruno tidak sendirian mereka bersama saudara kandung yang bernama Sarno dan Macan Laut. Ketiganya berpencar ada yang berdomisili di desa Pengkol da nada yang berdomisili di desa Klempun. Ki Taruno berdomisili di desa Bancer. Setelah itu terjadi perang Bendo antara Ki Taruno membantu Adi Pati Padangan yang bernama Djoyodiharjo.

Ketiga bersaudara ini bersama-sama membantu Adi Pati Padanganyang bernama Joyodiharjo. Setelah itu Ki Taruno bersama keluarganya kembali bertempat di desa masing-masing. Pada suatu hari Ki Taruno bersama saudaranya berunding untuk mendirikan desa mulai dari dukuh Tinggang, Kedung Dowo, Kedung Ringin, Bancer, Padas, Kayen, Badek, Pandean, Klempun, Karang Turi. Pertama Jadilah Sebuah Desa Klempun.

Lama-kelamaan desa ini semakin besar masyarakatnya, akhirnya desa Klempun ini dipecah menjadi dua desa. Ki Taruno menjadi pemimpin dukuh Tinggang, Kedung Dowo, Kedung Ringin, Padas, dan Bancer. Saat itu Ki Taruno berdomisili di dukuh Bancer sehingga menjadi desa Bancer.

Diharapkan generasi penerus dapat mengenang jasa beliau dengan mengikuti jejak langkah-langkah yang ditinggalkan dengan mengunjungi makam mbah Ki Taruno. Selain itu, generasi penerus dapat membangun desa Bancer Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro menjadi desa yang maju dalam bidang apapun.

Demikian asal-usul desa Bancer tersebut menurut kebanyakan masyarakat desa Bancer. Suatu kebetulan saja asal mula desa Bancer atau memang semua itu benar-benar terjadi, hanya Allah SWT yang tahu semua itu.

Adapun Kepala Desa yang pernah menjabat hingga sekarang adalah sebagai berikut::

  1. Ki Taruno : Tahun 1909-1921
  2. Murawi : Tahun 1921-1922
  3. Dasiman : Tahun 1922-1965
  4. Atmowijoyo : Tahun 1965-1969
  5. Soeraji : Tahun 1969-1990
  6. Soejak : Tahun 1990-1998
  7. Ali Mustofa : Tahun 1999-2014
  8. Sutrisno : Tahun 2014-Sekarang