Bisnis Helm Unggulan Desa Bancer

bancer-bjn.desa.id, (22/3) – Usaha helm di Dusun Kedung Ringin, Desa Bancer, Kecamatan Ngraho, Bojonegoro, Jawa Timur, produksi Mohammad Sodiki, sejak 2004 sampai sekarang masih berjalan.

“Helm saya sudah Standar Nasional Indonesia (SNI),” kata Mohammad Sodiki dikediamannya, Kamis (22/3).

Menurutnya, dalam mengembangkan usaha produksi helm melibatkan sekitar 40 karyawan dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda serta dilengkapi empat gudang sebagai tempat produksi.

Gudang pertama yakni untuk pembuatan batok helm yang dicat, gudang kedua untuk menjahit, gudang yang ketiga untuk perakitan, dan gudang keempat tempat penyetokan barang.

Produksi helm Mohammad Sodiki rata-rata bisa mencapai sekitar 700 helm per hari, dengan rincian sekitar 500 helm dewasa dan sekitar 200 helm untuk anak-anak. “Jika sedang sepi kami hanya memproduksi sekitar 400 helm dewasa, “ujarnya.

Omzet perolehan pendapatan dari menjual helm baik helm dewasa maupun helm anak-anak  mencapai  Rp50 juta per bulan. Produksi helm desa setempat tidak hanya lokal, akan tetapi juga sampai luar daerah antara lain, Tulungagung, Surabaya, Madiun, Jawa Timur.

Bahkan, pembeli helm juga ada yang dari Pati, Purwakarta, Tawangmangu, Sragen, Blora, dan Cepu Jawa Tengah.

Dalam pembuatan helm memanfaatkan berbagai bahan mulai “styrofom”, “batok” helm, kaca, kain, tali, dan cap/merk. Helm ini mempunyai beberapa merk, yakni SDX, JVT, dan LEA dengan berbagai model dan ukuran.

“Ya memang helm produksi Pak Sodix kualitasnya bagus, nyaman dipakai, dan terjangkau harganya,” ujar seolah warga Desa Bancer Elis, Kamis (22/3).

Menurut Kepala Desa Bancer Kecamatan Ngraho, Bojonegoro Sutrisno, keberadaan produksi helm di desanya sejak 2004 mampu menyerap tenaga kerja, juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Warga tidak harus mencari kerja keluar desa,” ucap dia menegaskan. (*Elis/Muntiah)

Pengecatan Helm oleh seorang karyawan

 

Pemasangan tali helm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *