Arti Kemerdekaan Bagi Warga Desa Bancer

bancer-bjn.desa.id. (8/10) – Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 yang diproklamirkan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Sejak saat itu bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan Belanda dan Jepang. Kemerdekaan senantiasa memiliki arti penting bagi kehidupang bangsa Indonesia. Begitupun dengan warga Desa Bancer Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.

“Kemerdekaan RI memang memberikan makna tersendiri dalam kehidupan masyarakat desa. Di tengah kondisi naiknya harga bahan pokok, masyarakat masih dengan semangat membuktikan rasa tinggi nasionalismenya, rasa cinta tanah air, dan seakan mengajarkan pemerintah bagaimana memaknai kemerdekaan yang sesungguhnya”, ujar Multazam selaku Kaur TU dan Umum Desa Bancer, Jum’at (19/8).

Menurutnya, HUT RI yang ke-73 ini menjadi momen tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Bancer. Hampir seluruh desa di Indonesia mempunyai acara khas dalam merayakan HUT RI. Mulai dari panjat pinang, lomba anak-anak, pemasangan atribut serba merah putih, gotong royong kerja bakti, lomba senam, dan karnaval. Anak-anak, remaja, dewasa, tua, laki-perempuan semua tumpah ruah dalam perayaan dan memaknai HUT RI yang ke-73.

Acara ini tidak lepas dari peran Karang Taruna Tunas Indah Desa Bancer yang diketuai oleh M. Sopi’i  yang telah banyak membantu sehingga acara berjalan dengan lancar dan meriah. M.Sopi’i mengaku bahwa, “Tidak mudah menggerakkan seluruh pemuda-pemudi Desa Bancer untuk selalu kompak dan menjunjung tinggi solidaritas, tapi dengan semangat nasionalisme pemuda-pemudi Desa Bancer berhasil mewujudkan acara yang memuat hati masyarakat selalu mengingat moment yang bersejarah ini.

“Semoga kedepannya Desa Bancer dapat mengadakan kembali lomba-lomba yang bermanfaat dan menjunjung tinggi rasa nasionalisme” ucap Kepala Desa Bancer menengaskan. (*Muntiah/webdes)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *